Pengertian System
Management Mutu ISO : 9000
ISO itu apa?
ISO adalah organisasi pengembang
standar terbesar di dunia. Antara tahun 1947 sampai sekarang, ISO telah
menerbitkan lebih dari 17.500 Standar Internasional, mulai dari standar untuk
kegiatan seperti pertanian dan konstruksi, melalui teknik mesin, perangkat
medis, serta perkembangan teknologi informasi terbaru.silahkan klik linknya
bila anda tertarik membaca lebih lanjut
Pendirian Organisasi
ISO lahir dari penyatuan dua
organisasi - ISA (Federasi Internasional Asosiasi Standarisasi Nasional),.
didirikan di New York pada 1926, dan UNSCC (Perserikatan Bangsa-Bangsa Standar
Komite Koordinasi), didirikan pada tahun 1944.
Pada Oktober 1946, delegasi dari 25
negara, bertemu di Institute of Civil Engineers di London, memutuskan untuk
menciptakan sebuah organisasi internasional, di mana bertujuan "untuk
memfasilitasi koordinasi internasional dan penyatuan standar industri ".
Organisasi baru, ISO, secara resmi mulai beroperasi pada tanggal 23 Februari
1947.
Pada April 1947, sebuah pertemuan di
Paris menghasilkan daftar rekomendasi dari 67 ISO komite teknis, sekitar
dua-pertiganya didasarkan pada komite ISA sebelumnya. Pada awal 1950-an, komite
teknis ISO mulai menghasilkan apa yang dikenal pada saat itu sebagai
"Rekomendasi".
Ide dasar pasca perang standardisasi
internasional adalah untuk memperoleh Standar Internasional dari mereka yang
sudah dikembangkan secara nasional, dan kemudian kembali menerapkannya secara
nasional. Rekomendasi ISO karena itu hanya dimaksudkan untuk mempengaruhi
standar nasional yang ada.
ISO pertama diselenggarakan Majelis
Umum di Paris pada 1949. Ini diresmikan pada rapat umum diadakan di grand
ampiteater di Universitas Sorbonne.
Pada tahun 1971 hasil teknis ISO
mulai bekerja menerbitkan Standar Internasional ketimbang hanya sebuah
Rekomendasi.
Pembentukan Standar Kode GATT
Dari 1948 sampai 1994, Perjanjian
Umum mengenai Tarif dan Perdagangan (GATT) menyediakan aturan untuk sebagian
besar perdagangan dunia dan memimpin periode yang melihat beberapa tingkat
pertumbuhan tertinggi dalam perdagangan internasional.
Pada awal tahun, perdagangan GATT
putaran berkonsentrasi pada pengurangan tarif. Kemudian, Kennedy Round di
pertengahan tahun 60an membawa tentang GATT Perjanjian Anti-Dumping dan bagian
pembangunan. Putaran Tokyo selama tahun 70-an adalah upaya besar pertama untuk
mengatasi hambatan perdagangan yang tidak mengambil bentuk tarif, dan untuk
memperbaiki sistem. Putaran Uruguay dari 1986-94, adalah yang terakhir dan
paling luas dari semua. Ini menyebabkan WTO (World Trade Organization) dan
serangkaian perjanjian baru.
Persetujuan
Perdagangan Hambatan Teknis (yang disebut Standar Kode GATT) diperkenalkan pada
tahun 1979 bertujuan untuk memastikan bahwa peraturan-peraturan, standar,
pengujian dan prosedur sertifikasi tidak perlu menciptakan hambatan untuk
berdagang. Perjanjian juga memuat kode praktek yang baik untuk kedua pemerintah
dan non-pemerintah atau badan-badan industri untuk mempersiapkan, mengadopsi
dan menerapkan standar-standar sukarela.
ISO
segera menangkap pentingnya GATT Kode Standar dan aktif mempromosikan nilai
Standar Internasional ISO untuk digunakan di seluruh dunia sebagai instrumen
memfasilitasi penghapusan hambatan perdagangan yang tidak perlu, dan, kapan
saja diperlukan, sebagai dasar sesuai peraturan teknis.
Persetujuan
Perdagangan Hambatan Teknis (sekarang WTO TBT) akhirnya diamandemen pada
Putaran Uruguay dan berubah menjadi komitmen multilateral diterima oleh semua
anggota WTO.
Sejak
1979, ISO telah mengambil komitmen dan menerapkan semua langkah-langkah yang
diperlukan untuk memastikan bahwa Standar Internasional ISO sepenuhnya sesuai
dengan persyaratan yang ditetapkan oleh Persetujuan Hambatan Teknis Perdagangan
WTO.
ISO 9000
ISO 9000 adalah Sistem Manajemen Mutu atau kalau
bahasa susahnya adalah Quality Management System. Hahahaha jawaban basi yah ?? Selamat datang di bagian ke
tiga tulisan tentang ISO 9000. Dibagian ini akan coba di bahas pengertian ISO
9000 secara umum.
Terus knapa banyak perusahaan yang
menerapkan system manajemen mutu di perusahaannya?? Kalau jawabannya hanya karena
tender, itu adalah bener terutama di Negara tercinta kita INDONESIA. Tapi
jawaban idealisnya adalah bahwa Sistem Manajemen Mutu ISO 9000 menerapkan
prinsip – prinsip dasar dalam pengelolaan perusahaan yang baik.Cakupan system manajemen
yang luas bukan hanya berkisar tentang mutu atau kualitas produk menjadikan
system manajemen mutu ISO 9000 sangat baik di terapkan dalam berbagai jenis
perusahaan atau organisasi. Organisasi?? Yah ISO 9000 juga dapat di terapkan
pada pengorganisasian yang terkait dengan pelayanan pelanggan ataupun
organisasi sekolah. Disisi lain penerapan ISO 9000 juga dapat di pilah – pilah
sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat saja menerapkan prinsip system manajemen
mutu ISO 9000 pada sebagain proses organisasi. Dengan fleksibelitas dan manfaat
yang ada maka system manajemen mutu ISO 9000 ini dapat menjadi alat bagi
pemilik perusahaan, jajaran direksi ataupun tingkatan manajemen lainnya
menerapkan pengelolaaan organisasi sesuai dengan kaidah umum bisnis internasional.
Cukup bingung?? Yuk kita telaah satu – satu ISO 9000.
Secara sederhana, proses bisnis perusahaan dapat
dikenali dengan cara seperti berikut :
Gambar di atas
merupakan variasi dari skema inti proses bisnis yang berlaku di mana saja yaitu
input --> proses --> output. Dengan prinsip melakukan nilai tambah pada
sesuatu baik barang ataupun jasa untuk menghasilkan keuntungan sebesar –
besarnya dengan modal yang sekecil-kecilnya.
Teori ini menjadi landasan kita
dalam memahami proses – proses yang ada di perusahaan dan bagaimana system ini
bekerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar